Format Penilaian Aspek Kognitif, Afektif, dan
Psikomotor
No
|
Nama Siswa
|
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotor
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
||
1.
|
||||||||||||
2.
|
||||||||||||
3.
|
||||||||||||
4.
|
||||||||||||
5.
|
||||||||||||
6.
|
||||||||||||
7.
|
||||||||||||
8.
|
||||||||||||
9.
|
||||||||||||
10.
|
||||||||||||
11.
|
||||||||||||
12.
|
||||||||||||
13.
|
||||||||||||
14.
|
||||||||||||
15.
|
||||||||||||
16.
|
||||||||||||
17.
|
||||||||||||
18.
|
||||||||||||
19.
|
||||||||||||
20.
|
||||||||||||
21.
|
||||||||||||
22.
|
||||||||||||
23.
|
||||||||||||
24.
|
||||||||||||
25.
|
||||||||||||
26.
|
||||||||||||
27.
|
||||||||||||
28.
|
||||||||||||
29.
|
||||||||||||
30.
|
||||||||||||
31.
|
||||||||||||
32.
|
||||||||||||
33.
|
||||||||||||
34.
|
||||||||||||
35.
|
||||||||||||
36.
|
||||||||||||
37.
|
||||||||||||
38.
|
||||||||||||
39.
|
||||||||||||
40.
|
Keterangan :
Aspek kognitif yang dinilai:
1.
Penilaian
lembar rangkuman sebelum pembelajaran dimulai.
2.
Penilaian
lembar kuis setelah pembelajaran berakhir.
Aspek afektif yang dinilai:
1.
Keberanian.
2.
Antusias.
3.
Tenggang
rasa.
4.
Keseriusan.
5.
Keaktifan.
Aspek psikomotor yang dinilai:
1.
Keterampilan
mengamati dan menganalisis percobaan yang dilakukan.
2.
Keterampilan
berkomunikasi dan berdiskusi dalam diskusi kelompok ketika melakukan praktikum
PENILAIAN ASPEK KOGNITIF
Tujuan :
Mengukur ketercapaian indikator dalam
sub materi pokok bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari melalui test formatif
yang dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung.
Nama :
Kelas :
Materi :
Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
(0 - 100)
|
Keterangan
|
|
1.
|
Penilaian lembar tabel pengamatan mengenai
kemasan produk pembersih, pewangi, pemutih dan pembasmi serangga.
|
|||
2.
|
Penilaian lembar jawaban (LKS) Mengetahui efek penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan lingkungan.
|
|||
3.
|
Penilaian lembar jawaban (LKS) Mengetahui pengaruh bahan pengawet
terhadap daya tahan hidup hewan dan tumbuhan
|
|||
4.
|
Penilaian lembar evaluasi setelah pembelajaran
berakhir.
|
|||
TOTAL SKOR KOGNITIF
|
Penilaian lembar tabel pengamatan mengenai
kemasan produk pembersih, pewangi, pemutih dan pembasmi serangga, sebelum pembelajaran dimulai.
·
Sangat
baik (lembar tabel pengamatan sesuai dengan yang dipelajari ) = >75
·
Baik (lembar tabel pengamatan kurang sesuai dengan yang dipelajari) = 75>x>50
·
Tidak
baik (Tidak merangkum ) =
<50
Penilaian lembar jawaban (LKS) Mengetahui efek penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan
lingkungan.
·
Sangat
baik (lembar tabel pengamatan sesuai dengan yang dipelajari ) = >75
·
Baik (lembar tabel pengamatan kurang sesuai dengan yang dipelajari) =
75>x>50
·
Tidak
baik (Tidak merangkum ) =
<50
Penilaian lembar jawaban (LKS) Mengetahui pengaruh bahan pengawet terhadap
daya tahan hidup hewan dan tumbuhan
·
Sangat
baik (lembar tabel pengamatan sesuai dengan yang dipelajari ) = >75
·
Baik (lembar tabel pengamatan kurang sesuai dengan yang dipelajari) =
75>x>50
·
Tidak
baik (Tidak merangkum ) =
<50
Penilaian lembar evaluasi setelah pembelajaran berakhir.
·
Sangat
baik (nilai dengan nilai
benar semua)= 100
·
Baik (nilai dengan benar setengah dari jumlah
soal) = 100>x>0
·
Tidak
baik (salah semua ) = <0
Penilaian Akhir Adalah :

PENILAIAN ASPEK AFEKTIF
Tujuan :Mengukur
sikap siswa pada saat pembelajaran berlangsung.
Nama :
Kelas :
Materi :
Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Sikap dan Nilai
|
Nama Siswa
|
|||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|
1.
Memperhatikan penjelasan guru.
|
||||||
2.
Memperhatikan media pembelajaran.
|
||||||
3.
Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
|
||||||
4.
Memperhatikan fenomena yang terjadi dalam praktikum.
|
||||||
5.
Mengikuti praktikum dengan sungguh-sungguh.
|
||||||
6.
Serius dalam mengikuti pembelajaran.
|
||||||
7.
Kerjasama dalam praktikum.
|
||||||
8.
Diskusi dalam kelompok berjalan secara efektif dan
kondusif.
|
||||||
9.
Mampu menyimpulkan hasil pembelajaran
|
||||||
10.
Mampu menjelaskan kembali pembelajaran yang sudah dilakukan
dengan konteks lain.
|
||||||
11.
Mengomentari gagasan dari teman sekelompok agar gagasan
tersebut menjadi lebih sempurna
|
||||||
12.
Mengungkapkan gagasan apabila mempunyai ide yang lebih
baik dari yang sudah ada
|
Keterangan : Sangat baik (2), Baik
(1), Tidak Baik (0)
Rentang penilaian :
Memperhatikan penjelasan guru
·
Sangat
baik (Memperhatikan guru
dengan serius, tidak bercanda dengan teman, dan antusias dalam pembelajaran) = 2
· Baik (Memperhatikan penjelasan guru, sesekali bercanda
dengan teman) = 1
· Tidak baik (Tidak memperhatikan penjelasan guru, sering
bercanda dengan teman) = 0
Memperhatikan media pembelajaran
· Sangat baik (Memperhatikan dengan serius, tidak bercanda
dengan teman, dan antusias melihat media pembelajaran) = 2
· Baik (Memperhatikan media pembelajaran, sesekali
bercanda dengan teman) = 1
·
Tidak
baik (Tidak memperhatikan
media pembelajaran, sering bercanda dengan teman) = 0
Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru
· Sangat baik (Menjawab Pertanyaan yang diajukan guru dengan
jawaban yang sesuai dengan yang ditanyakan) = 2
· Baik (Menjawab pertanyaan yang diajukan guru kurang
tepat dari yang ditanyakan) = 1
· Tidak baik (Tidak menjawab pertanyaan yang diajukan guru) = 0
Memperhatikan fenomena yang terjadi dalam
praktikum
·
Sangat
baik (Memperhatikan
dengan antusias) = 2
·
Baik (Hanya melihat saja, tidak tertarik
dengan fenomena) = 1
· Tidak baik (Acuh terhadap fenomena yang terjadi) = 0
Mengikuti praktikum dengan sungguh-sungguh
·
Sangat
baik (Mengikuti praktikum
dengan sungguh-sungguh) = 2
·
Baik (Mengikuti praktikum sesekali sesekali
bercanda dengan teman ) = 1
· Tidak baik (Tidak mengikuti praktikum dengan
sungguh-sungguh) = 0
Serius
dalam mengikuti pembelajaran
· Sangat baik (Antusias dalam mengikuti pembelajaran, tidak
bercanda selama pembelajaran) = 2
·
Baik (Antusias dalam mengikuti pembelajaran,
sesekali bercanda dengan teman) = 1
·
Tidak
baik (Tidak mengikuti
pembelajaran dengan baik, sering bercanda dengan teman) = 0
Kerjasama dalam praktikum
·
Sangat
baik (Melakukan kerjasama
bersama teman kelompok praktikum) = 2
· Baik (Melakukan kerjasama bersama teman kelompok
sesekali saja) = 1
· Tidak baik (Tidak melakukan kerjasama dengan teman kelompok
praktikum) = 0
Diskusi dalam kelompok berjalan secara efektif
dan kondusif.
· Sangat baik Sering mendiskusikan prosedur, pengamatan dan
hasil praktikum) = 2
· Baik (Mendiskusikan pengamatan dan hasil praktikum
saja) = 1
·
Tidak
baik (Tidak pernah
berdiskusi) = 0
Mampu menyimpulkan hasil pembelajaran .
· Sangat baik (Dapat menyimpulkan hasil pembelajaran
kesekuruhan ) = 2
· Baik (Dapat menyimpulkan hasil pembelajaran sebagian saja ) = 1
·
Tidak
baik (Tidak dapat
menyimpulkan hasil pembelajaran) = 0
Mampu
menjelaskan kembali pembelajaran yang sudah dilakukan dengan konteks lain
· Sangat baik (Dapat menjelaskan kembali pembelajarn yang sudah
dilakukan dengan contoh lain yang diajukan guru ) = 2
· Baik (Dapat menjelaskan kembali pembelajaran yang sudah
dilakukan dengan contoh lain yang diajukan guru tetapi kurang terstruktur) = 1
·
Tidak
baik ( tidak dapat
menjelaskan kembali pembelajarn yang sudah dilakukan dengan contoh lain yang
diajukan guru) = 0
Mengomentari gagasan dari teman sekelompok agar
gagasan tersebut menjadi lebih sempurna
· Sangat baik (Sering mendiskusikan prosedur, pengamatan dan
hasil praktikum) = 2
· Baik (Mendiskusikan pengamatan dan hasil praktikum
saja) = 1
·
Tidak
baik (Tidak pernah
berdiskusi) = 0
Saya akan mengungkapkan
gagasan apabila mempunyai ide yang lebih baik dari yang sudah ada
· Sangat baik (Dapat mengungkapkan gagasan yang baik dan sesuai
dengan pembelajaran yang dilakukan) = 2
· Baik (Dapat mengungkapkan gagasan yang kurang sesuai
dengan pembelajaran yang dilakukan) = 1
· Tidak baik (Tidak dapat mengungkapkan gagasan sedikitpun) = 0
Penilaian akhir adalah :

PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR
Tujuan
: Mengukur keterampilan proses sains siswa pada saat pembelajaran
berlangsung.
Nama :
Kelas :
Materi : Bahan kimia
dalam kehidupan sehari-hari
Praktikum 1
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Skor Maksimum
|
Keterangan
|
||
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
Keterampilan mengamati efek penggunaan bahan
pemutih terhadap kesehatan lingkungan saat percobaan berlangsung.
|
|||||
2
|
Menganalisis hasil percobaaan efek
penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan lingkungan saat percobaan berlangsung.
|
|||||
3.
|
Keterampilan berkomunikasi ketika diskusi
kelompok
|
|||||
4.
|
Berdiskusi dalam diskusi kelompok setelah
percobaan efek penggunaan bahan pemutih terhadap kesehatan lingkungan selesai
dilakukan
|
Praktikum 2
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Skor Maksimum
|
Keterangan
|
||
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
Keterampilan mengamati pengaruh bahan
pengawet terhadap daya tahan hidup hewan dan tumbuhan saat percobaan
berlangsung.
|
|||||
2
|
Menganalisis hasil percobaaan pengaruh
bahan pengawet terhadap daya tahan hidup hewan dan tumbuhan saat percobaan
berlangsung.
|
|||||
3.
|
Keterampilan berkomunikasi ketika diskusi
kelompok
|
|||||
4.
|
Berdiskusi dalam diskusi kelompok setelah
percobaan pengaruh bahan pengawet terhadap daya tahan hidup hewan dan
tumbuhan
selesai dilakukan
|
Dengan kategori
1 : Baik sekali
2 : Baik
3 : Cukup
Penilaian Terakhir :

:) thanks ... sangat membantu ...
BalasHapusTerima kasih....
BalasHapusbisa kirim soft copynya gan ke emailq dadangbagas7@gmail.com
BalasHapus