PROGRAM
KREATIVITAS MAHASISWA
MEMBACA KISAH HIDUP GENERASI
SALAF SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM
BIDANG KEGIATAN:
PKM GAGASAN TERTULIS (PKM-GT)
Disusun Oleh:
Murdani Tulqadri (NIM.
105104043, Angkatan 2010)
Nurul Asri (NIM.
095204079, Angkatan 2009)
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
MAKASSAR
2012
HALAMAN PENGESAHAN USUL
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA GAGASAN TERTULIS
1. Judul Kegiatan :
MEMBACA KISAH HIDUP GENERASI
SALAF SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM
2.
Bidang Kegiatan : ( )
PKM-AI
(ü) PKM-GT
3. Ketua
Pelaksana Kegiatan
a. Nama
Lengkap
: Murdani Tulqadri
b. NIM
: 105104043
c. Jurusan
: Bahasa dan Sastra Indonesia
d. Universitas : Universitas Negeri Makassar
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP : Jl.Daeng
Tata Raya, Makassar, 085396744818
f. Alamat email :
murdani.tulqadri@gmail.com
4. Anggota
Pelaksana Kegiatan/Penulis : 2 (dua) orang
5.
Dosen Pendamping
a. Nama
Lengkap dan Gelar : Sultan, S.
Pd., M. Pd.
b. NIP :
c. Alamat
: Grand Aroeppala G/17, Kassi, Tamangapa
Makassar, 7 Maret 2012
Menyetujui
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
(Dr. Muhammad Saleh, S.pd., M. Pd.)
NIP. 19751231 200003 1001
Ketua
Pelaksana Kegiatan
(Murdani Tulqadri)
NIM 105104043
Pembantu Rektor Bid. Kemahasiswaan, Universitas Negeri Makassar
(Prof. Dr. H. Hamsu Abdul Gani, M. Pd.)
NIP. 19601231
198503 1 029
Dosen Pendamping,
(Sultan, S. Pd., M. Pd.)
NIP. 19790612 201012 1 002
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah Swt
atas kesempatan, kesehatan, dan kekuatan yang telah diberikan kepada kami untuk
menyusun Program Kreativitas Remaja Gagasan Tertulis
(PKM-GT) ini yang dapat tersesaikan tepat pada waktunya. Selawat
dan salam semoga selalu tercurah bagi Rasulullah saw yang muliah yang telah membimbing kami
semua untuk keluar dari dunia kebodohan menuju ke dunia yang
terang benderang. Dan juga bagi keluarganya yang muliah, sahabatnya yang
setiah serta orang-orang yang senantiasa menapaktilasi jalannya hingga akhir
kelak.
Gagasan
tertulis ini berjudul “Membaca Kisah
Hidup Generasi Salaf Sebagai Solusi Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Islam”.
Judul ini merupakan konsep dengan gagasan membaca kisah-kisah hidup generasi
salaf sebaga solusi jitu untuk meningkatkan motivasi belajar agama Islam. Judul
ini juga merupakan hasil pemikiran penulis sendiri yang selalu menerapkan
metode ini dan berniat menyebarkannya sehingga bermanfaat bagi semua orang
khususnya umat Islam.
Penulis
menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam peyusunan karya tulis ini. Oleh
karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan oleh penulis agar
karya tulis selanjutnya bisa lebih baik lagi.
Penulis
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu dalam menyelesaikan penyusunan tulisan ini, terkhusus kepada dosen
pembimbing, segenap elemen di LPM PENALARAN, dan PUSDAMM FBS UNM yang telah mengarahkan
penulis dalam menyusun gagasan ini. Semoga Karya tulis ini bermanfaat bagi
semua orang dan bernilai kebaikan di sisi-Nya.
Makassar,
7 Maret 2012
Penulis,
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................ i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................. ii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iii
DAFTAR
ISI....................................................................................................... iv
RINGKASAN..................................................................................................... vi
PENDAHULUAN............................................................................................... 1
A.
Latar belakang.......................................................................................... 1
B.
Tujuan penelitian....................................................................................... 3
C.
Manfaat penelitian.................................................................................... 3
BAB II TELAAH PUSTAKA............................................................................. 4
A.
Motivasi.................................................................................................... 4
B.
Belajar....................................................................................................... 5
C.
Motivasi
belajar......................................................................................... 5
D.
Agama
islam............................................................................................. 6
E.
Membaca................................................................................................... 7
F.
Generasi
salaf............................................................................................ 8
BAB III METODE PENULISAN...................................................................... 9
A.
Jenis
tulisan............................................................................................... 9
B.
Objek
tulisan............................................................................................. 9
C.
Teknik
pengumpulan data......................................................................... 9
D.
Prosedur
penulisan.................................................................................... 9
BAB
IV ANALISIS DAN SINTESIS.............................................................. 10
A.
Analisis................................................................................................... 10
B.
Sintesis.................................................................................................... 11
BAB
V PENUTUP............................................................................................ 13
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 14
CURRICULUM VITAE................................................................................... vii
RINGKASAN
Pendidikan
agama Islam pada hakikatnya digunakan sebagai penuntun kehidupan umat Islam
sehari-hari. Di dalamnya sudah terdapat aturan-aturan agar umat Islam hidup
sesuai dengan perintah dan larangan Allah Yang Maha Menciptakan agama ini. Oleh
karena itu, suatu kewajiban bagi umat Islam
untuk memelajari agama Islam. Setela mengilmunya, maka yang harus
dilakukan ialah mengamalkan ilmu tersebut, mendakwakannya, serta bersabar di
atas jalan-Nya.
Keadaan yang paling ideal seperti pernyataan di atas, berbanding terbalik dengan
realitas yang ada sekarang. Kurangnya semangat dan motivasi untuk memelajarinya
merupakan sekian penyebab mengapa ilmu agama tersingkirkan. Dampaknya, dominan
orang-orang tidak lagi menggunakan ilmu agama sebagai alat ukur untuk menyelesaikan
masalah di dunia ini. Sehubungan dengan itu, Al-Hilali (2009: 8) menyatakan
bahwa yang terjadi ialah umat Islam di zaman sekarang sedang mengalami
kelemahan daan perpecahan yang menjadikannya berada di belakang rombongan
perjalanan umat-umat kafir.
Metode yang
paling jitu untuk dapat meningkatkan motivasi belajar agama Islam ialah dengan
belajar kepada generasi ulama salaf. Mengapa? Karena mereka adalah orang-orang
yang paling dekat hidupnya dengan Rasulullah saw, orang yang paling mulia yang
pernah dilahirkan di bumi ini. Sejarah hidup generasi salaf sungguh
menakjubkan. Hal ini sejalan dengan pendapat Al-Muhaimid (2006: 44) yang menyatakan
bahwa di dalam kisah-kisah mereka terdapat banyak pelajaran
yang berharga, petuah yang baik, dan tauladan yang patut untuk ditiru oleh umat
Islam. Kisah-kisah mereka akan senantiasa menghidupkan hati dan membangkitkan
semangat untuk memelajari agama ini.
“Membaca
Kisah Hidup Generasi Salaf Sebagai Solusi Meningkatkan Motivasi Belajar Agama
Islam” merupakan judul yang penulis angkat untuk membuat satu metode baru dan
jitu sebagai solusi dari masalah di atas. Karya tulis ini bersifat studi
pustaka (library researc) dengan
data-data yang diperoleh melalui buku, kamus offline, laporan arsip organisasi, dan artikel internet yang relevan
dengan karya tulis ini. karya tulis ini disajikan secara deskriptif dengan
memaparkan data-data yang telah didapatkan.
Metode
membaca sejarah hidup generasi salaf dapat diterapkan dalam proses belajar
mengajar agama Islam. Metode ini pula dapat diterapkan kepada pejuang dakwah
yang lelah dalam menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran agar
semanat mereka kembali penuh. Metode ini umumnya dapat diterapkan kepada umat
Islam secara keseluruhan. Metode ini pula dapat dibawakan pada saat khutbah
Jumat, ceramah, kultum, atau pun dijadikan nasehat kepada orang yang
membutuhkan.
Diharapkan karya tulis ini dapat bermanfaat bagi setiap
umat muslim dan bersemangat memelajari agama ini. Dan diharapkan pula dapat
menjadi tambahan referensi tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan
pendidikan agama Islam. Bagi pembelajar agama Islam agar dapat mengetahui dan
mengimplementasikan metode ini untuk meningkatkan motivasi belajar agama Islam.
Dan kepada pemerintah sebaiknya mesosialisasikan maksud dari karya tulis ini
pada masyarakat.
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
A. Ketua Pelaksana
Nama :
Murdani Tulqadri
Tempat, tanggal lahir :
Parepare, 24 Desember 1992
Riwayat Pendidikan :
SD Negeri 45 Parepare
SMP Negeri 2 Parepare
SMA Negeri 1 Parepare
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas :
Universitas Negeri Makassar
No. Telp./HP :
085396744818
E-mail :
murdani.tulqadri@gmail.com
Prestasi :
-
Pengalaman :
-Persepsi Fungsionaris BEM Terhadap Aksi Advokasi yang dilakukan oleh Lembaga Kemahasiswaan Universitas Negeri Makassar
-Pengaruh Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa
Pengalaman orgabisasi : -Anggota Bestra DEMA FBS UNM
-Anggota HIPMI PARE
-Anggota LPM Penalaran UNM
-Wakil Koordinator Pusdamm FBS UNM
B. Anggota Pelaksana I
Nama :
Suradi
Tempat, tanggal lahir :
Bone, 13 Januari 1992
Riwayat Pendidikan :
SD Impres 12/79 Macope
SMP Negeri 1 Awangpone
MAN 1 Watampone
S1 Kimia Sains
Universitas :
Universitas Negeri Makassar
No. Telp./HP :
085299658756
E-mail :
suradi_sense@yahoo.co.id
Prestasi :
-
Pengalaman Karya Tulis : -Persepsi Fungsionaris BEM
Terhadap Aksi Advokasi yang dilakukan oleh Lembaga Kemahasiswaan Universitas Negeri Makassar
-Pengaruh Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa
Pengalaman orgabisasi : -FUAS Bone
-SCMM FMIPA UNM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar